Oleh: cahayapelangi | Februari 12, 2010

Anggaran Plesiran DPR untuk 2010 Capai Rp 122 M

Kunjungan anggota DPR ke luar negeri kembali menjadi sorotan. Untuk tahun 2010, anggota Dewan akan melakukan 58 kunjungan ke 20 negara dengan total nilai anggaran Rp 122 miliar.

Demikian hasil investigasi Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Fitra) yang disampaikan kepada detikcom, Kamis (11/2/2010).

Kordinator Investigasi dan Advokasi Seknas FITRA, Uchok Sky Khadafi, menjelaskan Rp 122 miliar itu 65 persen lebih besar dibandingkan anggaran Dewan untuk bencana alam sebesar Rp 8 miliar.

“Selain itu, Rp 122 miliar alokasi anggaran untuk kunjungan ke luar negeri naik 30 persen bila dibanding dengan alokasi anggaran kunjungan ke luar pada 2009 lalu,” kata Khadafi.

Fitra mengimbau Dewan untuk menghentikan kunjungan ke luar negeri itu baik berbentuk studi banding, kunjungan kerja, kunjungan delegasi. “Karena sangat boros anggaran dan lebih baik direlokasi ke
program-program yang merakyat seperti membantu masyarakat yang hanya makan nasi aking, jagung, dan singkong di berbagai daerah,” ujarnya.

Khadafi juga mengajak masyarakat untuk memberikan sanksi moral kepada anggota Dewan, jika ternyata bersikeras tetap berangkat plesiran ke luar negeri.

Dua puluh negara yang akan dikunjungi anggota DPR adalah Afrika Selatan, Meksiko, Korea utara, China (2 kali), Suriah (7 kali), Qatar, Australia, Vietnam (3 kali), Philipina, Iran, Turki, Kuwait, Belgia, Singapura, Korea Selatan, Uganda/Mali, Bangkok (2 kali), dan Venezuela, Amerika  Serikat (8 kali).

Khusus untuk bulan Februari ini, anggota Dewan diketahui akan berkunjung minimal sebanyak dua kali ke negara China, dan Uganda/Mali.

Sumber:>


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: