Oleh: cahayapelangi | Februari 26, 2010

Pesantren Ma’had Al_zaytun Indonesia

 International Education CenterMembangun dan Mendidik Semata-mata Hanya untuk Beribadah kepada Allah

بسم الله الرحمن الرحيم

(QS. Annisaa : 9)
Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya
meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah
yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka.
Oleh sebab itu hendaklah mereka bertaqwa kepada Allah
dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar

SEKAPUR SIRIH

Kita bersyukur kepada Allah SWT, berkat karunia-Nya umat islam yang tergabung dalam Yayasan Pesantren Indonesia sejak tahun 1996 hingga hari ini telah terus berusaha memberikan sumbangsih yang berharga kepada bangsa dan Negara Indonesia berupa pendidikan.
Al-Zaytun yang diresmikan oleh Presiden RI ke 3, Prof. Ing. BJ Habibie pada tgl 27 Agustus 1999 adalah institusi pendidikan yang dibangun atas dasar cita-cita bersama akan kejayaan bangsa dan Negara Indonesia.

Pembangunan yang digagas oleh umat, dibangun oleh umat juga diperuntukan bagi umat adalah hal yang harus terus dikembangkan, dipelihara dan dipertahankan. Sejarah panjang tentang perjalanan umat manusia dan bangsa Insonesia sejak masa penjajahan Belanda sampai pencapaian kemerdekaan pada tahun 1945 telah mengilhami berdirinya Al-Zaytun yang sampai saat ini telah memasuki tahun ke 8.

Al-Zaytun sebagai lembaga pendidikan yang memiliki spirit kepesantrenan dan dikemas dengan system modern, diharapan dapat menghasikan generasi yang siap bersaing dalam tataran antar bangsa dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di dasari nilai-nilai akhlaqul Karimah dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Selain itu akan tercipta keseimbangan intelektual antar bangsa dan akan terwujud sikap toleransi dan damai yang menjadi kebutuhan hakiki setiap umat manusia.
Cita-cita untuk memajukan bangsa dan Negara Indonesia melalui pendidikan ini harus menjadi tanggung jawab kita bersama.

Al-Zaytun adalah milik seluruh bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa di dunia, untuk itu mari bersama-sama kita tumbuh kembangkan semangat mendidik putra-putri banGsa Indonesia menuju tercapainya kejayaan Indonesia di masa hadapan sebagai bentuk darma bakti kita kepada bangsa tercinta dan pengabdian kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kepada Allah jualah semua kita kembalikan.

Walhamdulillahi

Al-Zaytun, 1 Juli 2007

Abdus Salam Rasyidi Panji Gumilang
Syaykh Al-Zaytun

Pendahuluan

Koordinator Al-Zaytun Wilayah Kalimantan Selatan menerbitkan website ini agar semua pihak mendapat gambaran tentang pendidikan yang dikelola oleh Yayasan Pesantren Indonesia, Al-Zaytun.

Saat ini di Al-Zaytun terdapat lebih dari 7.000 siswa dan mahasiswa yang datang dari seluruh provinsi di Indonesia juga dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Timor Leste, Somalia dan Afrika Selatan.

Kegiatan Belajar mengajar pada tahun 2008 ini telah memasuki tahun ke 9 sejak diresmikan oleh Presiden RI, Prof. Ing BJ Habibie pada tahun 1999.

Al-Zaytun menata system perdidikan terpadu dan konprehensif (one-pipe education system) mulai dari tingkat usia dini, Tingkat dasar (Ibtidaiyah), Menengah (Tsanawiyah – Aliyah) dan Universitas (Jamiah).

Mengapa Mereka Memilih Al-Zaytun?

Sistem Pendidikan Terpadu

Proses pendidikan yang dilaksanakan di Al-Zaytun didasarkan pada sebuah sistem yang mampu mengarahkan peserta didik mengikuti suatu skema pendidikan yang disebut dengan one pipe education system, mulai dari level paling asas (elementary) sampai dengan level tertinggi dalam dunia akademik (doctoral) dalam sebuah sistem yang terpadu yang mengkombinasikan kerelegiusan, science technology, agriculture, sports, arts, culture dan information technology.

Boarding School

Hidup dalam budaya kemandirian, kebersamaan, gotong-royong dan cinta ilmu bagi siswa /mahasiswa secara efektif ditanamkan melalui sistem sekolah berasrama. Selain itu juga akan dapat meningkatkan efisiensi proses pembelajaran dan interaksi positif antara siswa/mahasiswa dan masyarakat sekitarnya.

Pesantren Spirit but Modern System

Dipilihnya pendidikan berspirit pesantren, yaitu suatu kehidupan yang berlandaskan nilai-nilai kemandirian dan kebersamaan, dimaksudkan agar siswa secara penuh berada pada lingkungan pendidikan sehingga terbentuk pribadi yang mandiri dan bersahaja dengan mengembangkan nilai/prinsip manajemen modern, seperti bersikap berdasarkan ilmu pengetahuan, berorientasi pada program, mengikuti prosedur dalam organisasi, mempunyai etos kerja dan disiplin yang tinggi.

Area Pendidikan yang Luas dan Kondusif

Dalam mewujudkan sistem pendidikan yang terpadu, ketersediaan area kampus yang luas supaya siswa selalu terdidik dan berada sebuah arena pendidikan menjadi sebuah kewajiban bagi penyelenggara pendidikan. Area lebih dari 1200 ha disediakan untuk melaksanakan sistem pendidikan di Al-Zaytun.

Areal 200 ha disediakan bagi sarana kompleks pendidikan seperti gedung pembelajaran, gedung asrama siswa putra maupun putri, masjid, sarana olahraga yang lengkap dan sarana lainnya yang mendukung kegiatan pendidikan yang dihajatkan.

Sound In Mind Bodily Prowess

Pendidikan adalah suatu usaha yang bertujuan untuk mengarahkan kepada full development of personality, yang berarti membangun, membentuk watak maupun kepribadian utuh dalam sistem pengasuhan peserta didik yang berkesinambungan, sehingga terwujud sound in mind and bodily prowes (basthotan fi al-‘ilmi wa al-jismi) tercermin dalam pribadi bangsa yang cerdas (intelektual, emosional, spiritual), bangsa yang bajik dan bijak mampu memposisikan diri dalam berbagai kondisi yang tersimpul dalam berbagai sikap (Panji Gumilang, 2004).

Komunitas Siswa Nusantara dan Dunia

Interaksi social diciptakan dalam lingkungan area kampus pendidikan Al-Zaytun yang begitu luas, melibatkan komunitas siswa /mahasiswa dari berbagai penjuru nusantara dari Sabang sampai Marauke dan juga siswa dari berbagai Negara.

Interaksi social antar siswa yang memiliki berbagai latar belakang, budaya, bahasa menjadi sebuah modal pendidikan luar biasa dan sangat berharga yang disediakan di area kampus yang luas ini. Pada akhirnya siswa dididik untuk bisa berinteraksi dan memahami manusia serta lingkungannya sehingga mampu menerapkan budaya toleransi dan budaya perdamaian.

International Qualification

International thinking, international setting, international solidarity adalah hal yang selalu diterapkan di Kampus Al-Zaytun karena merupakan cara pandang global, mendunia, internasional yang bermakna rahmatan lil ‘alamiin. Maka program pendidikan yang dijalankan pun selalu mengacu pada standar kualifikasi internasional.

Program ICDL (International Computer Driving Licence) dan ICCS (International Certificate in Computer Studies) dilaksanakan dengan jaminan standar berskala internasional.

International Language

Bahasa internasional seperti inggris, arab, mandarin diajarkan dengan dukungan laboratorium-laboratorium bahasa dan sistem pengajaran bahasa.

Siswa dengan pola pikir global, berbahasa internasional, dan berkemampuan skala dunia merupakan bekal yang terus dipersiapkan untuk membentuk pribadi yang utuh.

Mengenal Al-Zaytun

AL-ZAYTUN International Education Center.

Al-Zaytun terletak di Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang sangat aktif mengembangkan diri di berbagai sektor baik di sektor pertanian, industri, perdagangan, politik, maupun pendidikan. Banyak lembaga pendidikan bermutu tumbuh di provinsi ini dan Al-Zaytun merupakan satu lembaga pendidikan yang menjadi kebanggaan Jawa Barat dan Indonesia pada umumnya.

Posisi kampus ini sangat strategis karena berada pada jalur Pantura yang merupakan penghubung utama antara Jakarta sebagai ibukota negara, dengan wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur yang memiliki posisi penting dalam aktivitas perekonomian nasional Indonesia.

Pendiri Al-Zaytun

Al-Zaytun dibangun oleh bangsa Indonesia yang tergabung dalam sebuah Yayasan yang didirikan pada tgl 1 Juni 1993 bertepatan dengan 10 Dzulhijjah 1413 H yaitu Yayasan Pesantren Indonesia (YPI).

Pemilik Al-Zaytun

Al-Zaytun adalah milik umat bangsa Indonesia dan umat bangsa lain di dunia, timbul dari umat, oleh umat dan diperuntukan bagi umat.

Arah dan Tujuan

Mempersiapkan peserta didik untuk beraqidah kokoh kuat terhadap Allah dan Syariat-Nya menyatu di dalam tauhid, berakhlaq alkarimah, berilmu pengetahuan luas,berketerampilan tinggi yang tersimpul dalam bashthotan fi al-ilmi wa al-jismi sehingga sanggup siap dan mampu untuk hidup secara dinamis di lingkungan Negara bangsanya dan masyarakat antarbangsa dengan penuh kesejahteraan serta kebahagiaan duniawi maupun ukhrowi.

Waktu Pendirian

Al-Zaytun merupakan usaha unggulan Yayasan Pesantren Indonesia (YPI) perkembangannya dimulakan pada 13 Agustus 1996. Beralamat di Desa Mekar Jaya, kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.
Pembukaan awal pembelajaran dilaksanakan pada 1 Juli 1999,dan peresmian secara umum dilakukan pada 27 Agustus 1999 oleh Presiden RI ke-3 Prof.Ing. B.J. Habibie.

Landasan

1. Pesantren spirit but modern system

Pesantren spirit atau semangat pesantren dapat menanamkan nilai-nilai kemandirian, kebersamaan dan cinta ilmu yang dilandasi oleh akhlaq al-karimah dan ketaqwaan kepada Tuhan.

2. Mendidik dan membangun semata-mata hanya beribadah kepada Allah.

Spesifikasi atau Ciri Khas

Siswa/Mahasiswa Al-Zaytun diharapkan dapat menguasai Al-Qur’an secara mendalam, trampil berkomunikasi menggunakan bahasa-bahasa antarbangsa yang dominan, berpendekatan ilmu pengetahuan, berketrampilan tinggi, menguasai teknologi, berbadan sehat, berjiwa mandiri, penuh perhatian terhadap aspek dinamika kelompok dan bangsa, berdisiplin tinggi serta berkesenian yang memadai.

Pendanaan

Dana pembangunan Al-Zaytun didapat dari bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa lain secara sukarela.

Visi dan Misi

Al-Zaytun Pusat Pendidikan Pengembangan Budaya Toleransi dan Pengembangan Budaya Perdamaian

FASILITAS

Gedung Pembelajaran dan Perkuliahan

Direncakan dibangun 12 unit bangunan, yang sudah selesai dibangun sbb:

1. Gedung Pembelajaran Unit 1

Dinamakan Gedung Abu Bakar Al-Siddiq. dibangun awal tahun 1996 selesai tahun 1999. Luas bangunan 10.000 m, terdiri dari 4 lantai bangunan, terdapat 42 lokal kelas dengan ukuran kelas 8 x 12 m, diisi 36 santri per kelas.

2. Gedung Pembelajaran Unit 2

Dinamakan Gedung Umar Ibnu Khaththab
Gedeung ini dibangun akhir tahun 1996 selesai tahun 2000 dan luas bangunan 12.500 m, terdiri dari 5 lantai bangunan, terdapat 58 lokal kelas dengan ukuran 8 x 12m, diisi 36 santri per kelas.

3. Gedung Pembelajaran Unit 3

Dinamakan Gedung Utsman ibnu Affan.
Gdeung ini dibangun tarikh 20 Mei 2000, selesai tarikh 30 Juni 2001.Luas bangunannya 16.000 m, terdiri dari 5 lantai bangunan, terdapat 100 lokal kelas dengan ukuran kelas 8 x 12 m, diisi 36 santri per kelas.

4. Gedung Pembelajaran Unit 4

Dinamakan Gedung Ali bin Abi Thalib.
Gedung ini dibangun tarikh 11 Mei 2001 selesai Jul 2002. luas bangunannya 18.800 m, terdiri dari 5 lantai bangunan, terdapat 100 lokal kelas dengan ukuran kelas 8 x 12 m, dilengkapi 2 buah aula di lantai 5 dan penginapan tamu sebanyak 26 kamar di basementnya.

5. Gedung Pembelajaran Unit 5

Dinamakan Gedung Jendral Besar H.M.Soeharto dengan ukuran yang sama seperti Gedung Ali bin Abi Thalib. Pemancangan Tiang Kolom dilaksanakan tarikh 7 Juni 2002 oleh Hj. Siti Hardiyanti Rukmana dan Jendral R. Hartono mewakili keluarga besar Jendral Besar H.M. Soeharto.
Gedung ini dirancang khusus untuk gedung perkuliahan.

Gedung untuk perkuliahan mahasiswa Universitas Al-Zaytun Indonesia (UAZ) menggunakan nama Jenderal Besar HM Soeharto (HMS), Presiden Indonesia ke-2.

Pak Harto meresmikan penggunaan Gedung HMS pada tanggal 23 Agustus 2005, dan 27 Agustus 2005 dibuka oleh Menteri Pendidikan Nasional RI Dr. Bambang Sudibyo.

Gedung-gedung pembelajaran dan perkuliahan yang dibangun sejak tahun 1996 ini, memiliki ketinggian empat sampai enam lantai dengan jumlah ruang kelas dari empat gedung sebanyak 300 lokal kelas.

Kelas-kelas yang memiliki luas 96 m2 yang juga dilengkapi dengan perpustakaan kelas dan jaringan komputer dapat menampung tiga puluh enam pelajar.

Selain itu setiap gedung pembelajaran dan perkuliahan dilengkapi dengan sarana-sarana pendukung untuk proses pembelajaran seperti ruang guru/dosen, laboratorium-labolatorium, perpustakaan dan lain-lainnya.

6. Gedung Pembelajaran Unit 6

Dinamakan Gedung DR. Ir. Ahmad Soekarno dengan ukuran sama dengan Gedung Jendral Besar H.M. Soeharto.

Pemancangan patok dilaksanakan pada tarikh 14 Mei 2003 oleh Kepala BIN, Jendral H. AM. Hendropriyono mewakili Ibu Presiden Megawati Soekarno Putri. (Belum selesai dibangun)

Ukuran Kelas yang Luas untuk 36 Santri

Ruang perkuliahan Universitas Al-Zaytun Indonesia

Asrama Pelajar dan Mahasiswa

Bagi keperluan tinggal seluruh pelajar dan mahasiswa direncanakan dibangun 12 unit asrama dilengkapi:

1. Kantor manajemen 130 yang berfungsi untuk pelayanan dan penanganan
masalah-masalah santri.
2. Ruang pelayanan kesehatan santri (kamar 131)
3. Wartel asrama (kamar 118) sebanyak 5 – 6 KBU, sesuai jumlah lantai asramanya.
4. Pelayanan loundry (kamar 112)

Gedung asrama yang telah selesai dibangun sebanyak 5 unit asrama yang diberi nama Al-Mustofa, Al-Fajr, Al-Nur, Al-Madani dan Persahabatan.

Gedung asrama ini dibangun dengan ketinggian lima sampai enam lantai yang juga ditambah satu lantai basement untuk gedung Persahabatan.

1. Gedung Asrama Unit 1

Dinamakan Gedung Al-Mushthafa. Gedung ini dibangun tarikh 27 Agustus 1997 dan selesai 30 Juni 1999. Luas bangunannya 22.000 m, terdiri dari 5 lantai bangunan, 170 kamar, masing-masing unit kamar tidur luasnya 72 m diisi 10 santri.

Kelengkapan unit kamar tidur terdiri dari 5 tempat tidur susun, lemari pakaian, ruang belajar, meja kursi belajar, rak buku perpustakaan lengkap dengan buku perpustakaan sejumlah pelajaran sesuai jumlah santri, tiga buah kamar mandi, washtafel, dan dispenser air minum santri.

Gedung asrama juga dilengkapi dengan komputer, laboratorium bahasa dan perpustakaan.

2. Gedung Asrama Unit 2

Dinamakan Gedung Al-Fajr, dengan ukuran dan fasilitas yang sama dengan Gedung Al-Mushthafa. Gedung ini mulai dibangun tarikh 20 Mei 1999 selesai 30 Juni 2000.
2. Gedung Asrama Unit 2

DAN MASIH BANYAK FASILITAS PENDUKUNG LAINNYA SILAHKAN KUNJUNGI SAJA SITE-NYA
http://www.alzaytun-indonesia.com/index.php

biar lebih jelasnya klik situs ini:http://video-alzaytun.blogspot.com/2010/08/about-mahad-al-zaytun.html


Responses

  1. Seandainya Az Zaitun menggunakan metode salaf, insyaalloh akan kaya dengan sunnah sunnah Rosul sehingga makin bertambah semerbak.

  2. bagus pisann…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: